Tuesday, 14 January 2014

PENGENALAN BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA DINI

Konsep Bentuk Geometri




Geometri adalah bagian dari matematika yang membahas mengenai titik, bidang dan ruang. Sudut adalah besarnya rotasi antara dua buah garis lurus; ruang adalah himpunan titik- titik yang dapat membentuk bangun- bangun geometri; garis adalah himpunan bagian dari ruang yang merupkan himpupnan titik- titik yang mempunyai sifat khusus; bidang adalah himpunan- himpunan titik- titik yang terletak pada permukaan datar, misalnya permukaan meja (Negoro, 2003: 18).

Konsep Mengenal Bentuk Geometri
Mengenal bentuk geometri anak usia dini adalah kemampuan anak mengenal, menunjuk, menyebutkan serta mengumpulkan benda-benda di sekitar berdasarkan bentuk geometri.

Tahap-Tahap Belajar Geometri
Tahap pertama anak belajar geometri adalah topologis. Mereka belum mengenal jarak, kelulusan dan yang lainnya, karena itu mulai belajar geometri supaya tidak mulai dengan lurus- lurus, tetapi denga lengkung, misalnya lengkungan tertutup, lengkungan terbuka daerah lengkungan, lengkungan sederhana dan lainnya. Van Hiele dalam Ruseffendi, (1991 : 161-163) berpendapat bahwa ada lima tahapan anak belajar geometri, yaitu sebagai berikut.

Tahap Pengenalan
Pada tahap ini siswa sudah mengenal bentuk- bentuk geometri, seperti segitiga, kubus, bola, lingkaran, dan lian-lain, tetapi ia belum memehami sifat- sifatnya.

Tahap Analisis
Pada tahap ini, siswa sudah dapat memahami sifat- sifat konsep atau bentuk geometri. Misalnya, siswa mengetahui dan mengenal bahwa sisi panjang yang berhadapan itu sama panjang, bahwa panjang kedua diagonalnya sama panjang dan memotong satu sama lain sama panjang dan lain- lain.

Tahap Pengurutan
Pada tahap ini, siswa sudah dapat mengenal bentuk- bentuk geometri dan memahami sifat- sifat dan ia sudah dapat mengurutkan bentuk- bentuk geometri yang satu sama lain berhubungan

Tahap Dedukasi
Pada tahap ini, berpikir deduktifnya sudah mulai tumbuh, tetapi belum berkembang dengan baik. Matematika adalah ilmu deduktif, karena pengambilan kesimpulan, pembuktian dalil yang harus dilakukan secara deduktif.
Pada tahap ini, siswa sudah dapat memehami pentingnya pengambilan kesimpulan secara deduktif itu, karena misalnya ia dapat melihat bahwa kwsimpulan yang diambil secara induktif itu mungkin bisa keliru.

Tahap Kakuratan (Ringor)
Pada tahap ini, siswa dapat memahami bahwa adanya ketepatan (presisi) dari yang mendasar itu penting. Van Hiele (Rueefendi, 1991: 163- 164) berpendapat mengenai pengajaran geometri ada tiga dalil,  yaitu:
Kombinasi yang baik antar waktu, materi pelajaran, dan metode mengajar yang dipergunakan untuk tahap tertentu dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa kepada tahap yang lebih tinggi.
Dua orang yang tahap berpikirnya berbeda dan bertukaran pikiran, satu sam lain tidak akan mengerti.
Kegiatan belajar siswa harus memahami dengan pengertian untuk memperluas pengalaman dan berpikir siswa, untuk meningkatkan berpikir ke tahap yang lebih baik.

Kegiatan Pembelajaran
Mengenal Bentuk Geometri
Bentuk geometri yang akan diperkenalkan pada anak meliputi bentuk segitiga, lingkaran, dan persegi.
Alat dan Bahan:
Menggunakan balok berbentuk segitiga, lingkaran, dan persegi.
Prosedur:
Menunjukkan masing-masing bentuk geometri kepada anak.
Guru menyebutkan nama masing-masing bentuk geometri
Guru meminta anak untuk mengambil benda sesuai dengan nama bentuk geometri yang disebutkan oleh guru.
Assesmen:
Guru menanyakan kepada anak  tentang benda apa saja yang ada di kelas yang berbentuk geometri

Membuat Bentuk Geometri
Anak-anak diminta untuk membuat bentuk geometri.
Alat dan bahan: Plastisin dengan berbagai warna.
Prosedur:
Guru meminta anak untuk maju  membuat berbagai macam bentuk geometri.
Guru menanyakan kepada anak tentang  bentuk yang sudah dibuatnya.

Mengenal Bentuk Geometri menggunakan puzzle
Alat dan bahan: puzzle dari gabus.
Prosedur:
Mintalah anak untuk melepaskan kepingan puzzle dari papannya kemudian minta untuk memasangkan kembali ke tempat yang tepat.
Sambil bermain memasang kepingan puzzle, mulailah memperkenalkan warna pada anak dengan cara menunjukkan kepingan puzzle.
Jika sudah mengenal warna keping tersebut,  guru bisa meminta anak memasangkan keping berdasarkan bentuk yang guru minta.

Membuat Berbagai Bangun dengan Bentuk Geometri
Alat dan Bahan: Balok dengan berbagai bentuk geometri.
Prosedur:
Guru meminta anak untuk maju secara berkelompok, setiap kelompok 3 orang anak.
Guru  memberikan kebebasan pada anak untuk   membuat bangunan dari balok yang disediakan.
Assesmen:
Guru  menanyakan kepada anak mengenai bangunan yang telah dibuat anak. Terdiri dari bentuk apa sajakah bangunan tersebut.

3 comments:

Unknown said...

mbak saya mau tanya, (negoro. 2013: 18) itu judul bukunya apa ya?
terima kasih

Unknown said...

ini bagusssss

walentyzaleski said...

Harrah's Cherokee Casino Resort - Mapyro
Harrah's 대전광역 출장마사지 Cherokee Casino Resort 의왕 출장안마 is located in Murphy, North 강릉 출장마사지 Carolina. Harrah's 서산 출장샵 Cherokee is owned 당진 출장샵 and operated by the Eastern Band of Cherokee Indians. It

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment