Konsep Grafik
Grafik merupakan visualisasi table. Table yang
berupa angka angka dapat disajikan/ ditampilkan ke dalam bentuk gambar. Jenis grafik ada beberapa
macam, sbb.
Grafik garis adalah yang paling tepat dari semua jenis
grafik, terutama dalam melukiskan kecenderungan-kecendrungan atau menghubungkan
dua rangkaian kata, sejumlah variasi dan kombinasi dari grafik garis dapat
dilukiskan, termasuk bayangan permukaan grafik dari berbagai bentuk.
Grafik Batang
Grafik batang mungkin yang paling sederhana daripada semua
grafik, grafik batang paling bermanfaat bilamana sejumlah nilai yang akan di
bandingkan relative sedikit, pada lazimnya grafik ini dibuat dengan menggunakan
batang sebagai gambaran kelompok data secara vertical dan horizontal.tinggi
atau panjang batang melukiskan ukuran besarnya presentase data yang di
wakilinya.
Grafik Lingkaran
Grafik lingkaran atau grafik piring adalah lingkaran
sektor-sektor yang di gunakan untuk menggunakan bagian suatu keseluruhan.
Kegiatan dan Assesmen Pembelajaran Grafik pada Anak TK
Kegiatan ini dilakukan dengan mengajak beberapa anak dan
menanyai mereka tentang buah
kesukaan kemudian dihitung.
Grafik buah kesukaan (grafik batang)
Alat dan bahan:
Kertas manila putih
Kertas asturo berwarna merah, orange, dan ungu
Gambar buah
Prosedur:
Guru mempersiapkan kertas asturo yang dipotong bentuk
persegi seukuran kartu nama.
Tempel kertas manila putih pada papan tulis yang sudah
ditempel gambar buah.
Beberapa anak ditanyai tentang buah kesukaannya.
Suruh anak menempel potongan bentuk persegi sesuai warna
gambar.
Assesmen:
Tanya anak berapa jumlah anak yang suka buah yang tertera
pada grafik.
Grafik Pie
Kegiatan ini dilakukan
dengan mengajak beberapa anak membentuk lingkaran
dengan menyebutkan makanan kesukaan mereka.
Alat dan bahan:
Kertas Manila Putih
Kertas Asturo
Gambar Makanan
Prosedur:
Guru membuat bentuk
grafik pie dari kertas asturo.
Ajak beberapa anak maju
ke depan kelas.
Tanya mana anak yang
suka makanan yang disebutkan guru.
Tempelkan potongan
kertas asturo sesuai warna yang menyimbolkan makanan.
Bentuk sebuah lingkaran.
Tunjukkan pada anak
bentuk lingkaran tersebut apabila disimbolkan dengan grafik pie.
Minta anak untuk
menempel gambar makanan pada grafik.
Assesmen:
Tanya pada anak mana
makanan yang paling banyak disukai dan yang paling sedikit disukai.
Baris-berbaris (anak ke berapa)
Kegiatan ini dilakukan
dengan mengajak anak berbaris berjejer di depan kelas sesuai urutan kelahiran.
Prosedur:
Ajak beberapa anak untuk
maju ke depan kelas.
Tanyai mereka anak ke
berapa di keluarganya.
Ajak mereka berbaris
berjejer sesuai dengan urutan kelahiran.
Assesmen:
Tanya pada anak mana
urutan kelahiran yang paling banyak dan paling sedikit.
Botol warna
Kegiatan ini dilakukan
dengan mengajak beberapa anak untuk memilih warna air yang mereka sukai dan
masing-masing anak diminta menuangkannya ke dalam botol yang telah disesuaikan
dengan warnanya.
Alat dan bahan:
Botol plastik
Wadah
Pewarna
Air
Prosedur:
Guru mempersiapkan alat
dan bahan
Campur pewarna dengan
air di dalam wadah
Ajak beberapa anak maju
ke depan
Tanyai warna air
kesukaan mereka dan mintalah untuk menuangkan air ke dalam botol
Assesmen:
Tanya pada anak botol mana yang paling tinggi dan yang
paling rendah.
0 comments:
Post a Comment