Wednesday, 15 January 2014

PEMBELAJARAN GRAFIK UNTUK ANAK USIA DINI



Konsep Grafik

Grafik merupakan visualisasi table. Table yang berupa angka angka dapat disajikan/ ditampilkan ke dalam bentuk gambar. Jenis grafik ada beberapa macam, sbb.


Grafik Garis
Grafik garis adalah yang paling tepat dari semua jenis grafik, terutama dalam melukiskan kecenderungan-kecendrungan atau menghubungkan dua rangkaian kata, sejumlah variasi dan kombinasi dari grafik garis dapat dilukiskan, termasuk bayangan permukaan grafik dari berbagai bentuk.

Grafik Batang
Grafik batang mungkin yang paling sederhana daripada semua grafik, grafik batang paling bermanfaat bilamana sejumlah nilai yang akan di bandingkan relative sedikit, pada lazimnya grafik ini dibuat dengan menggunakan batang sebagai gambaran kelompok data secara vertical dan horizontal.tinggi atau panjang batang melukiskan ukuran besarnya presentase data yang di wakilinya.

Grafik Lingkaran
Grafik lingkaran atau grafik piring adalah lingkaran sektor-sektor yang di gunakan untuk menggunakan bagian suatu keseluruhan.

Kegiatan dan Assesmen Pembelajaran Grafik pada Anak TK
Kegiatan ini dilakukan dengan mengajak beberapa anak dan menanyai mereka tentang buah kesukaan kemudian dihitung.

Grafik buah kesukaan (grafik batang)
Alat dan bahan: 
Kertas manila putih
Kertas asturo berwarna merah, orange, dan ungu
Gambar buah
Prosedur:
Guru mempersiapkan kertas asturo yang dipotong bentuk persegi seukuran kartu nama.
Tempel kertas manila putih pada papan tulis yang sudah ditempel gambar buah.
Beberapa anak ditanyai tentang buah kesukaannya.
Suruh anak menempel potongan bentuk persegi sesuai warna gambar.
Assesmen:
Tanya anak berapa jumlah anak yang suka buah yang tertera pada grafik.

Grafik Pie
Kegiatan ini dilakukan dengan mengajak beberapa anak membentuk lingkaran dengan menyebutkan makanan kesukaan mereka.
Alat dan bahan:
Kertas Manila Putih
Kertas Asturo
Gambar Makanan
Prosedur:
Guru membuat bentuk grafik pie dari kertas asturo.
Ajak beberapa anak maju ke depan kelas.
Tanya mana anak yang suka makanan yang disebutkan guru.
Tempelkan potongan kertas asturo sesuai warna yang menyimbolkan makanan.
Bentuk sebuah lingkaran.
Tunjukkan pada anak bentuk lingkaran tersebut apabila disimbolkan dengan grafik pie.
Minta anak untuk menempel gambar makanan pada grafik.
Assesmen:
Tanya pada anak mana makanan yang paling banyak disukai dan yang paling sedikit disukai.

Baris-berbaris (anak ke berapa)
Kegiatan ini dilakukan dengan mengajak anak berbaris berjejer di depan kelas sesuai urutan kelahiran.
Prosedur:
Ajak beberapa anak untuk maju ke depan kelas.
Tanyai mereka anak ke berapa di keluarganya.
Ajak mereka berbaris berjejer sesuai dengan urutan kelahiran.
Assesmen:
Tanya pada anak mana urutan kelahiran yang paling banyak dan paling sedikit.

Botol warna 
Kegiatan ini dilakukan dengan mengajak beberapa anak untuk memilih warna air yang mereka sukai dan masing-masing anak diminta menuangkannya ke dalam botol yang telah disesuaikan dengan warnanya. 
Alat dan bahan:
Botol plastik
Wadah
Pewarna
Air
Prosedur:
Guru mempersiapkan alat dan bahan
Campur pewarna dengan air di dalam wadah
Ajak beberapa anak maju ke depan
Tanyai warna air kesukaan mereka dan mintalah untuk menuangkan air ke dalam botol
Assesmen:
Tanya pada anak botol mana yang paling tinggi dan yang paling rendah.


0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment