Konsep Bentuk Geometri
Geometri adalah bagian dari matematika yang membahas mengenai titik, bidang dan ruang. Sudut adalah besarnya rotasi antara dua buah garis lurus; ruang adalah himpunan titik- titik yang dapat membentuk bangun- bangun geometri; garis adalah himpunan bagian dari ruang yang merupkan himpupnan titik- titik yang mempunyai sifat khusus; bidang adalah himpunan- himpunan titik- titik yang terletak pada permukaan datar, misalnya permukaan meja (Negoro, 2003: 18).
Konsep Mengenal Bentuk Geometri
Mengenal bentuk
geometri anak usia dini adalah kemampuan anak mengenal, menunjuk, menyebutkan
serta mengumpulkan benda-benda di sekitar berdasarkan bentuk geometri.
Tahap-Tahap Belajar Geometri
Tahap pertama anak belajar geometri adalah topologis. Mereka belum mengenal
jarak, kelulusan dan yang lainnya, karena itu mulai belajar geometri supaya
tidak mulai dengan lurus- lurus, tetapi denga lengkung, misalnya lengkungan
tertutup, lengkungan terbuka daerah lengkungan, lengkungan sederhana dan
lainnya. Van Hiele dalam Ruseffendi, (1991 : 161-163) berpendapat bahwa
ada lima tahapan anak belajar geometri, yaitu sebagai berikut.
Tahap Pengenalan
Pada tahap ini
siswa sudah mengenal bentuk- bentuk geometri, seperti segitiga, kubus, bola,
lingkaran, dan lian-lain, tetapi ia belum memehami sifat- sifatnya.
Tahap Analisis
Pada tahap ini,
siswa sudah dapat memahami sifat- sifat konsep atau bentuk geometri. Misalnya,
siswa mengetahui dan mengenal bahwa sisi panjang yang berhadapan itu sama
panjang, bahwa panjang kedua diagonalnya sama panjang dan memotong satu sama
lain sama panjang dan lain- lain.
Tahap Pengurutan
Pada tahap ini,
siswa sudah dapat mengenal bentuk- bentuk geometri dan memahami sifat- sifat
dan ia sudah dapat mengurutkan bentuk- bentuk geometri yang satu sama lain
berhubungan
Tahap Dedukasi
Pada tahap ini,
berpikir deduktifnya sudah mulai tumbuh, tetapi belum berkembang dengan baik.
Matematika adalah ilmu deduktif, karena pengambilan kesimpulan, pembuktian
dalil yang harus dilakukan secara deduktif.
Pada tahap ini, siswa sudah dapat memehami pentingnya pengambilan kesimpulan secara deduktif itu, karena misalnya ia dapat melihat bahwa kwsimpulan yang diambil secara induktif itu mungkin bisa keliru.
Pada tahap ini, siswa sudah dapat memehami pentingnya pengambilan kesimpulan secara deduktif itu, karena misalnya ia dapat melihat bahwa kwsimpulan yang diambil secara induktif itu mungkin bisa keliru.
Tahap Kakuratan (Ringor)
Pada tahap ini,
siswa dapat memahami bahwa adanya ketepatan (presisi) dari yang mendasar itu
penting. Van Hiele (Rueefendi, 1991: 163- 164) berpendapat mengenai pengajaran
geometri ada tiga dalil, yaitu:
Kombinasi yang
baik antar waktu, materi pelajaran, dan metode mengajar yang dipergunakan untuk
tahap tertentu dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa kepada tahap yang
lebih tinggi.
Dua orang yang
tahap berpikirnya berbeda dan bertukaran pikiran, satu sam lain tidak akan
mengerti.
Kegiatan belajar siswa harus memahami dengan pengertian untuk memperluas
pengalaman dan berpikir siswa, untuk meningkatkan berpikir ke tahap yang lebih
baik.
Kegiatan Pembelajaran
Mengenal Bentuk Geometri
Bentuk geometri
yang akan diperkenalkan pada anak meliputi bentuk segitiga, lingkaran, dan
persegi.
Alat dan Bahan:
Menggunakan balok
berbentuk segitiga, lingkaran, dan persegi.
Prosedur:
Menunjukkan
masing-masing bentuk geometri kepada anak.
Guru menyebutkan
nama masing-masing bentuk geometri
Guru meminta
anak untuk mengambil benda sesuai dengan nama bentuk geometri yang disebutkan
oleh guru.
Assesmen:
Guru menanyakan
kepada anak tentang benda apa saja yang ada di kelas yang berbentuk
geometri
Membuat Bentuk Geometri
Anak-anak diminta
untuk membuat bentuk geometri.
Alat dan bahan: Plastisin
dengan berbagai warna.
Prosedur:
Guru meminta anak
untuk maju membuat berbagai macam bentuk geometri.
Guru menanyakan
kepada anak tentang bentuk yang sudah dibuatnya.
Mengenal Bentuk Geometri menggunakan puzzle
Alat dan bahan: puzzle dari gabus.
Prosedur:
Mintalah anak
untuk melepaskan kepingan puzzle dari papannya kemudian minta untuk memasangkan
kembali ke tempat yang tepat.
Sambil bermain
memasang kepingan puzzle, mulailah memperkenalkan warna pada anak dengan cara
menunjukkan kepingan puzzle.
Jika sudah
mengenal warna keping tersebut, guru bisa meminta anak memasangkan
keping berdasarkan bentuk yang guru minta.
Membuat Berbagai Bangun dengan Bentuk Geometri
Alat dan Bahan: Balok dengan berbagai bentuk geometri.
Prosedur:
Guru meminta anak
untuk maju secara berkelompok, setiap kelompok 3 orang anak.
Guru memberikan
kebebasan pada anak untuk membuat bangunan dari balok yang
disediakan.
Assesmen:
Guru menanyakan
kepada anak mengenai bangunan yang telah dibuat anak. Terdiri dari bentuk apa
sajakah bangunan tersebut.
3 comments:
mbak saya mau tanya, (negoro. 2013: 18) itu judul bukunya apa ya?
terima kasih
ini bagusssss
Harrah's Cherokee Casino Resort - Mapyro
Harrah's 대전광역 출장마사지 Cherokee Casino Resort 의왕 출장안마 is located in Murphy, North 강릉 출장마사지 Carolina. Harrah's 서산 출장샵 Cherokee is owned 당진 출장샵 and operated by the Eastern Band of Cherokee Indians. It
Post a Comment