Tuesday 22 April 2014

TIPS DAN CARA MEMBERSIHKAN TELINGA BAYI


Membersihkan telinga bayi bertujuan agar pendengaran bayi tidak terganggu. Jika telinga bayi jarang dibersihkan, maka akan terjadi penumpukan kotoran yang menyebabkan sulitnya kotoran tersebut untuk dikeluarkan.
Sebagai orangtua yang baik, kita perlu memperhatikan kebersihan dari telinga si bayi. Lakukanlah pembersihan telinga bayi secara rutin agar berdampak pada jernihnya telinga bayi.
Untuk membersihkan kotoran pada telinga bayi, perhatikan apakah sudah kotor telinganya? Jika sudah terlihat kotor, bersihkan menggunakan kain hangat. Bisa juga dilakukan pada saat memandikan bayi. Karena pada saat telinga dalam kondisi basah, maka kotoran akan mudah diluruhkan. Bersihkan secara perlahan-lahan dan lembut bagian luar telinga bayi, kemudian bersihkan pada daerah lipatan telinga bayi. Berhati-hatilah pada saat membersihkan telinga bayi, karena biasanya bayi akan merasa risih, ketika telinga mereka tengah dibersihkan. Jangan memaksa mereka, dalam hal ini orangtua harus ekstra sabar dalam menghadapinya. Sebab, apabila dipaksa, akan menyebabkan cedera pada telinga bayi.
Jangan memasukkan kapas pada telinga bayi. Jika memasukkan kapas ke dalam telinga bayi, ditakutkan kapas tersebut akan tertinggal di dalam telinga, sehingga dapat merusak gendang telinga si bayi.
Apabila terdapat kotoran di telinga bayi, lebih baik gunakan tetes telinga untuk membersihkannya. Namun, sebelum menggunakannya lebih baik dikonsultasikan pada dokter terlebih dahulu.

Hindarkan bayi dari suara-suara keras dan terus menerus agar tidak merusak gendang telinganya. Periksakan ke dokter THT secara rutin atau 6 bulan sekali.

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment