Monday 21 April 2014

CARA MENGATASI BATUK PILEK ANAK


Batuk pilek anak umumnya disebabkan oleh infeksi virus dan biasanya berlangsung tidak lama, sekitar 5 hari sampai 2 minggu, tergantung pada daya tahan tubuh yang bersangkutan. Yang perlu dipahami, batuk bukanlah penyakit, melainkan salah satu mekanisme tubuh untuk membersihkan saluran napas dari mikroorganisme, lendir, dan benda asing.
Meski begitu, yang namanya orangtua tetap saja khawatir manakala mendapati buah hatinya batuk pilek. Apalagi tak jarang batuk pilek membuat penderitanya mengalami kesulitan bernapas lantaran hidungnya tersumbat oleh lendir. Nah, berikut ini sejumlah cara cerdas atasi batuk pilek yang layak dicoba!
  1. Beri minum air putih hangat sesering mungkin agar lendir lebih cepat luruh sehingga bisa mengurangi batuk dan hidung tersumbat.
  2. Batasi aktivitas fisiknya, seperti berlari-lari dan melompat-lompat. Istirahat penting untuk mempercepat kesembuhan.
  3. Tingkatkan daya tahan tubuh si kecil dengan memberinya makanan bergizi  seimbang dan perbanyak konsumsi buah-buahan.
  4. Jika si kecil terserang batuk pilek, tolong Mama perhatikan gejalanya, apakah ia juga megalami demam atau sakit kepala, apakah batuknya berdahak atau tidak. Berikan obat batuk pilek yang sesuai dengan gejalanya.
  5. Bila si kecil mengalami demam, berikan obat batuk pilek yang mengandung paracetamol sebagai analgesik-antipiretik untuk menurunkan panas dan meredakan sakit kepala.
  6. Bila si kecil mengalami batuk berdaha, berikan obat batuk golongan ekspektoran (mengandung bahan yang membantu/merangsang keluarnya dahak) atau mukolitik (mengandung bahan untuk mengencerkan dahak, sehingga dahak mudah dikeluarkan.
  7. Kini tersedia obat batuk pilek dengan beberapa variasi rasa, seperti: stroberi, jeruk, apel, dan madu. Minta si kecil memilih rasa yang disukainya.
  8. Jika gejala menetap lebih dari lime hari, apalagi disertai napas makin cepat atau gejala napas terhambat, tidak nafsu makan, dan muntah setiap kali makan/minum, segera bawa si kecil ke dokter.
Semoga beermanfaat!

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment