CONTOH RUBRICS HOLISTIC SCALE
BIDANG
|
PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN
|
||||||||
TEMA/SUB-TEMA
|
ALAT TRANSPORTASI/KENDARAAN DARAT
|
||||||||
TEKNIK PENGUMPULAN INFORMASI
|
MENGAMATI KEMAMPUAN UNJUK KERJA ANAK
|
||||||||
HAL YANG
DINILAI
|
MENGENAL UKURAN PANJANG, LEBAR, & TINGGI
|
||||||||
TPP
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
HOLISTICS SCALE
|
|||||||
Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran: “lebih dari”,
“kurang dari”, dan “ter/paling” (K.B1)
|
Wadah berdiameter 50 cm berisi: balok segiempat
ukuran 2x3x7; 3x4x8; 4x5x9; 5x6x10; 6x7x11cm. Masing-masing balok berjumlah
10. Tugas: Anak membandingkan lebar, panjang dan tinggi balok, memasangkannya
pada papan selebar 5,6,4,2,3cm, dan mengurutkannya dari angka terbesar ke
terkecil (6-2).
|
Deskriptor
|
Panjang
|
Lebar
|
Tinggi
|
||||
Membandingkan
|
√
|
√
|
√
|
||||||
Memasangkan
|
√
|
√
|
√
|
||||||
Mengurutkan
|
√
|
√
|
√
|
||||||
KRITERIA PENILAIAN
|
|||||||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
Menguasai kurang dari 1 deskriptor
|
Menguasai 2-3 deskriptor
|
Menguasai 4-5 deskriptor
|
Menguasai 6-7 deskriptor
|
Menguasai lebih dari 8 deskriptor
|
CONTOH RUBRICS ANALYTIC SCALE
BIDANG
|
PENGEMBANGAN KOGNITIF
ANAK USIA 5-6 TAHUN
|
||||||||
TEMA/SUB-TEMA
|
ALAT
TRANSPORTASI/KENDARAAN DARAT
|
||||||||
TEKNIK PENGUMPULAN
INFORMASI
|
MENGAMATI
KEMAMPUAN UNJUK KERJA ANAK
|
||||||||
HAL YANG DINILAI
|
ANAK MAMPU MENYEBERANG JALAN DENGAN AMAN DAN SELAMAT
|
||||||||
TPP
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
ANALYTIC SCALE
|
|||||||
Memecahkan masalah
sederhana dalam kehidupan sehari-hari (K.A6)
|
1 anak berperan
sebagai lampu kuning, lampu merah, lampu hijau. 4 anak berperan sebagai
penyeberang jalan. 1 anak berperan sebagai polisi. Lampu kuning=siap-siap
berhenti. Lampu merah= berhenti. Lampu hijau= menyeberang.
|
1.
Mengenali masalah:
menyeberang jalan
2.
Menyelesaikan masalah:
simulasi
3.
Hasil penyelesaian: bisa atau
tidak bisa
|
|||||||
Mengenali Masalah Menyeberang Jalan
|
|||||||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
Tidak berusaha mengenali masalah menyeberang jalan
|
o
Kecelakaan
lalulintas.
|
o
Kecelakaan
lalulintas.
o
Menimbulkan
kemacetan.
|
o
Kecelakaan
lalulintas.
o
Menimbulkan
kemacetan.
o
Membahayakan
pengguna jalan lain dan diri sendiri.
|
o
Kecelakaan
lalulintas.
o
Menimbulkan
kemacetan.
o
Membahayakan
pengguna jalan lain dan diri sendiri.
o
Memicu
permusuhan.
|
|||||
Menyelesaikan Masalah dengan Simulasi
|
|||||||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
Tidak bersimulasi menyeberang jalan
|
o
Tidak mengamati rambu-rambu lalulintas.
o
Tidak memastikan ada kendaraan dari arah kanan atau kiri.
o
Menyeberang
jalan sesantai mungkin.
|
o
Mengamati
rambu-rambu lalulintas.
o
Tidak memastikan ada kendaraan dari arah kanan atau kiri.
o
Menyeberang
jalan sesantai mungkin.
|
o
Mengamati
rambu-rambu lalulintas.
o
Memastikan
tidak ada kendaraan dari arah kanan atau kiri.
o
Menyeberang
jalan sesantai mungkin.
|
o
Mengamati rambu-rambu lalulintas.
o
Memastikan tidak ada kendaraan dari arah kanan atau kiri.
o
Menyeberang
jalan sesegera mungkin.
|
|||||
Hasil Penyelesaian Simulasi Menyeberang Jalan
|
|||||||||
0
|
1
|
2
|
|||||||
Anak menguasai sebagian prosedur cara menyeberang
jalan yang aman dan selamat
|
Anak menguasai semua prosedur cara menyeberang jalan
yang aman dan selamat
|
CONTOH RUBRICS DEVELOPMENTAL SCALE
BIDANG
|
PENGEMBANGAN BAHASA
ANAK USIA 5-6 TAHUN
|
||||||
TEMA/SUB-TEMA
|
ALAT
TRANSPORTASI/KENDARAAN DARAT
|
||||||
TEKNIK PENGUMPULAN
INFORMASI
|
MENGAMATI
KEMAMPUAN UNJUK KERJA ANAK
|
||||||
HAL YANG DINILAI
|
HURUF YANG PALING
MUDAH DIKENAL ANAK
|
||||||
TPP
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
DEVELOPMENTAL SCALE
|
|||||
Mengenal suara
huruf awal dari nama-nama benda yang ada disekitarnya (BHS.C2)
|
Guru menunjukkan gambar Becak, Andong, Dokar, dsb; kemudian anak
menyebutkan nama dari masing-masing gambar tersebut.
|
Tahap 1: Mengenal suara huruf
A,B,C,D,E,U,I,O
Tahap 2: Mengenal suara huruf G,J,K,L,M,N
Tahap 3: Mengenal suara huruf F,Y,T,R,S,H
Tahap 4: Mengenal suara huruf P,Q,V,W,X,Z
|
|||||
KRITERIA PENILAIAN
|
|||||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
Tidak mengenal
suara huruf apa pun
|
Mengenal suara huruf
tahap 1 saja
|
Mengenal suara
huruf tahap 1-2
|
Mengenal suara huruf
tahap 1-3
|
Mengenal suara huruf
tahap 1-4
|
0 comments:
Post a Comment