Monday, 21 April 2014

RUBRICS HOLISTIC ANAK USIA DINI

CONTOH RUBRICS HOLISTIC SCALE



 BIDANG
PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN
TEMA/SUB-TEMA
ALAT TRANSPORTASI/KENDARAAN DARAT
TEKNIK PENGUMPULAN INFORMASI
MENGAMATI KEMAMPUAN UNJUK KERJA ANAK
HAL YANG DINILAI
MENGENAL UKURAN PANJANG, LEBAR, & TINGGI
TPP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
HOLISTICS SCALE
Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran: “lebih dari”, “kurang dari”, dan “ter/paling” (K.B1)
Wadah berdiameter 50 cm berisi: balok segiempat ukuran 2x3x7; 3x4x8; 4x5x9; 5x6x10; 6x7x11cm. Masing-masing balok berjumlah 10. Tugas: Anak membandingkan lebar, panjang dan tinggi balok, memasangkannya pada papan selebar 5,6,4,2,3cm, dan mengurutkannya dari angka terbesar ke terkecil (6-2).
Deskriptor
Panjang
Lebar
Tinggi
Membandingkan
Memasangkan
Mengurutkan
KRITERIA PENILAIAN
0
1
2
3
4
Menguasai kurang dari 1 deskriptor
Menguasai 2-3 deskriptor
Menguasai 4-5 deskriptor
Menguasai 6-7 deskriptor
Menguasai lebih dari 8 deskriptor

CONTOH RUBRICS ANALYTIC SCALE

BIDANG
PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN
TEMA/SUB-TEMA
ALAT TRANSPORTASI/KENDARAAN DARAT
TEKNIK PENGUMPULAN INFORMASI
MENGAMATI KEMAMPUAN UNJUK KERJA ANAK
HAL YANG DINILAI
ANAK MAMPU MENYEBERANG JALAN DENGAN AMAN DAN SELAMAT
TPP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ANALYTIC SCALE
Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari (K.A6)
1 anak berperan sebagai lampu kuning, lampu merah, lampu hijau. 4 anak berperan sebagai penyeberang jalan. 1 anak berperan sebagai polisi. Lampu kuning=siap-siap berhenti. Lampu merah= berhenti. Lampu hijau= menyeberang.
1.    Mengenali masalah: menyeberang jalan
2.    Menyelesaikan masalah: simulasi
3.    Hasil penyelesaian: bisa atau tidak bisa
Mengenali Masalah Menyeberang Jalan
0
1
2
3
4
Tidak berusaha mengenali masalah menyeberang jalan
o Kecelakaan lalulintas.

o  Kecelakaan lalulintas.
o  Menimbulkan kemacetan.

o   Kecelakaan lalulintas.
o   Menimbulkan kemacetan.
o   Membahayakan pengguna jalan lain dan diri sendiri.
o Kecelakaan lalulintas.
o Menimbulkan kemacetan.
o Membahayakan pengguna jalan lain dan diri sendiri.
o Memicu permusuhan.
Menyelesaikan Masalah dengan Simulasi
0
1
2
3
4
Tidak bersimulasi menyeberang jalan
o Tidak mengamati rambu-rambu lalulintas.
o Tidak memastikan ada kendaraan dari arah kanan atau kiri.
o Menyeberang jalan sesantai mungkin.
o   Mengamati rambu-rambu lalulintas.
o   Tidak memastikan ada kendaraan dari arah kanan atau kiri.
o   Menyeberang jalan sesantai mungkin.
o   Mengamati rambu-rambu lalulintas.
o   Memastikan tidak ada kendaraan dari arah kanan atau kiri.
o   Menyeberang jalan sesantai mungkin.
o Mengamati rambu-rambu lalulintas.
o Memastikan tidak ada kendaraan dari arah kanan atau kiri.
o Menyeberang jalan sesegera mungkin.
Hasil Penyelesaian Simulasi Menyeberang Jalan
0
1
2
Anak tidak menguasai prosedur cara menyeberang jalan yang aman dan selamat
Anak menguasai sebagian prosedur cara menyeberang jalan yang aman dan selamat
Anak menguasai semua prosedur cara menyeberang jalan yang aman dan selamat

CONTOH RUBRICS DEVELOPMENTAL SCALE

BIDANG
PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN
TEMA/SUB-TEMA
ALAT TRANSPORTASI/KENDARAAN DARAT
TEKNIK PENGUMPULAN INFORMASI
MENGAMATI KEMAMPUAN UNJUK KERJA ANAK
HAL YANG DINILAI
HURUF YANG PALING MUDAH DIKENAL ANAK
TPP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
DEVELOPMENTAL SCALE
Mengenal suara huruf awal dari nama-nama benda yang ada disekitarnya (BHS.C2)
Guru menunjukkan gambar Becak, Andong, Dokar, dsb; kemudian anak menyebutkan nama dari masing-masing gambar tersebut.
Tahap 1: Mengenal suara huruf  A,B,C,D,E,U,I,O
Tahap 2: Mengenal suara huruf G,J,K,L,M,N
Tahap 3: Mengenal suara huruf F,Y,T,R,S,H
Tahap 4: Mengenal suara huruf P,Q,V,W,X,Z
KRITERIA PENILAIAN
0
1
2
3
4
Tidak mengenal suara huruf apa pun
Mengenal suara huruf tahap 1 saja
Mengenal suara huruf tahap 1-2
Mengenal suara huruf tahap 1-3
Mengenal suara huruf tahap 1-4

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment