CONTOH NUMERICAL RATING SCALES:
LEARNING ACTIVITIES PERKEMBANGAN BAHASA
Nama Anak
|
Slamet Narimo
|
Nama Guru
|
Paikem, Ph.D
|
|||||||||||
Kelompok
|
B1 (5-6 tahun)
|
Tanggal
|
11/11/2011
|
|||||||||||
Bidang
|
Perkembangan
Bahasa
|
Tema/sub-tema
|
Sekolah/alat
belajar
|
|||||||||||
RENTANG PENILAIAN
|
||||||||||||||
1=jauh
di bawah
|
2=di
bawah
|
3=sesuai
perkiraan
|
4=di
atas
|
5=jauh
di atas
|
||||||||||
BERILAH
TANDA CENTANG PADA KOLOM YANG TERSEDIA
|
||||||||||||||
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Perkiraan KA
|
||||||||
Menerima Bahasa: mengerti beberapa perintah secara
bersamaan (TPP A1)
|
||||||||||||||
Melakukan 2 perintah secara bersamaan
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
Melakukan 3 perintah secara bersamaan
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
Melakukan 4 perintah secara bersamaan
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
Mengungkapkan Bahasa: menyusun kalimat sederhana
dalam struktur lengkap (TPP B4)
|
||||||||||||||
Struktur kalimat
S+P
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
Struktur kalimat
S+P+O
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
Struktur kalimat
S+P+O+K
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
Keaksaraan: mengenal suara huruf awal dari nama
benda yang ada disekitarnya (TPP C2)
|
||||||||||||||
Menebak suara
huruf awal dari Meja
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
Menebak suara
huruf awal dari Kursi
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
Menebak suara
huruf awal dari Pensil
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
||||||||||||||
RANGKUMAN PENILAIAN
|
||||||||||||||
Penilaian
|
Peninjauan Hari ini
|
Dibandingkan Peninjauan Hari Sebelumnya
|
||||||||||||
Jauh di atas perkiraan
|
Sesuai Perkiraan
|
Jauh di bawah perkiraan
|
Meningkat
|
Sama
|
Menurun
|
|||||||||
Menerima Bahasa
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
Mengukapkan Bhs
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
Keaksaraan
|
|
|
|
|
|
|
CONTOH GRAPHIC RATING SCALES:
LEARNING ACTIVITIES PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL
Nama Anak
|
Dora Emon
|
Nama Guru
|
Spongbob, S.Pd.
AUD
|
|||||||||||
Kelompok
|
B2 (5-6 tahun)
|
Tanggal
|
11/11/2011
|
|||||||||||
Bidang
|
Perkembangan Nilai
Agama-moral
|
Tema/sub-tema
|
Sekolah/alat
belajar
|
|||||||||||
GARIS KONTINUM PENILAIAN
|
||||||||||||||
TP=tidak
pernah
|
JR=jarang
|
KD=kadang2
|
SR=sering
|
SL=selalu
|
||||||||||
BERILAH
TANDA CENTANG PADA KOLOM YANG TERSEDIA
|
||||||||||||||
Penilaian
|
TP
|
JR
|
KD
|
SR
|
SL
|
Catatan
|
||||||||
Nilai Agama & Moral: membiasakan diri beribadah
(TPP NAM2)
|
||||||||||||||
Berdo’a sebelum belajar
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
Berdo’a sesudah belajar
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
Berdo’a sebelum makan
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
Berdo’a sesudah makan
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
Berdo’a sebelum meruncingkan pensil
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
Berdo’a sebelum membereskan alat belajar
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
Berdo’a sebelum bermain “prosotan” dkk
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
Berdo’a bagi teman yang bersin
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
Berdo’a bagi setiap orang yang bersua
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
||||||||||||||
RANGKUMAN PENILAIAN
|
||||||||||||||
Penilaian
|
Peninjauan Hari ini
|
Dibandingkan Peninjauan Hari Sebelumnya
|
||||||||||||
Selalu
|
Kadang2
|
Tidak Pernah
|
Meningkat
|
Sama
|
Menurun
|
|||||||||
Pembiasaan berdo’a
|
|
|
|
|
|
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKAN DINILAI
TPP
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PERKIRAAN KEMAMPUAN ANAK
|
Menyusun kalimat
sederhana dalam struktur lengkap (TPP B4)
|
Pesan berantai “Bu
Guru beli buku di pasar baru”
|
Bu Guru Beli (S+P)
|
1 comments:
KA sama TPP B4, TPP C2 itu apa ya kak?
Post a Comment